Wamenag Sebut Perayaan Idul Adha Berlangsung Kondusif

  • Whatsapp
alexametrics

SuratKabar.my.id – Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid Sa’adi ikut memantau perayaan Idul Adha 2021. Dia bersyukur rangkaian ibadah dalam rangka Idul Adha berjalan kondusif. Khususnya pelaksanaan salat Idul Adha yang kebanyakan dilakukan di rumah umat Islam masing-masing.

Read More

Politisi PPP itu menyampaikan terima kasih kepada umat Islam dan masyarakat pada umumnya karena telah mengikuti protokol kesehatan serta surat edaran yang dikeluarkan Kemenag. ’’Secara umum berjalan kondusif dan berjalan dengan baik. Khususnya di kota-kota besar tidak ada salat Ied di masjid-masjid atau musala,’’ katanya saat dihubungi Rabu (21/3).

Kondisi tersebut menunjukkan kedewasaan dan kesadaran masyarakat semakin tinggi dalam menerapkan protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19. Walaupun masih ada pelaksanaan salat Idul Adha di masjid atau musala, Zainut mengatakan dilakukan dengan protokol kesehatan yang sangat ketat. Itupun kebanyakan di masjid atau musala yang berada di dalam komplek perumahan. Kemudian jamaahnya relatif dari dalam perumahan itu saja.

Zainut juga menyampaikan apresiasi kepada masyarakat yang turut ikut berbagi membantu masyarakat di tengah pandemi Covid-19. Diantaranya dengan memotong hewan kurban. Dia mengingatkan pemotongan hewan kurban disesuaikan dengan surat edaran Kemenag. Diantaranya dilakukan di rumah pemotongan hewan dan daging dibagikan langsung ke penerima.

Diantara elemen masyarakat yang kemarin turun membagikan hewan kurban adalah komnitas  Baikhati.id yang  membagikan 1.500 bungkus daging kurban beserta sembako kepada masyarakat miskin di DKI Jakarta.

Saptana, selaku perwakilan dari Baikhati.id mengatakan tahun ini untuk kedua kalinya masyarakat merayakan Idul Adha di tengah pandemi Covid-19. ’’Ini mengagungkan semangat berbagi, rasa persaudaran, dan gotong royong,’’ katanya. Tahun ini mereka menggandeng sejumlah selebritis untuk berbagi kebaikan.

Baca Juga  Presiden AS Sebut Pandemi Berlanjut bagi Mereka yang Belum Divaksin

Saptana mengatakan setiap hari platform mereka menerima ribuan laporan pengajuan bantuan dari warga terdampak pandemi. Setelah dilakukan validasi data, paket bantuan daging kurban dan sembako disalurkan ke para pengaju bantuan tersebut.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Hilmi Setiawan

Related posts