Terjemahan Ngawur Pidato Xi Jinping Terkait Utang Indonesia

  • Whatsapp
alexametrics

PEMERINTAH Tiongkok dikabarkan mulai menagih utang kepada Indonesia. Kabar itu dilengkapi video pidato Presiden Xi Jinping di hadapan khalayak luas. Bahkan, disebutkan bahwa Tiongkok meminta Pulau Kalimantan untuk menutup utang Indonesia

Read More

”Dalam Kunjungan ini, saya ingin meminta presiden Joko Widodo mengembalikan utang negaranya kepada China. Dalam waktu yang sudah disepakati dalam nota kesepakatan yang sudah kita buat bersama dalam perjanjian investasi,” begitu tulisan terjemahan video pidato Jinping pada detik ke-35.

Video berdurasi 11 menit itu diunggah akun Facebook Kamar Berita pada 16 Juli 2021. Dia juga menambahkan informasi yang datangnya entah dari mana. ”China akan datang ke Indonesia dan meminta Pulau Kalimantan sebagai jaminan utang Indonesia,” tulis akun Kamar Berita (bit.do/NagihHutang).

Narasi yang menyebut bahwa Presiden Tiongkok datang ke Indonesia itu jelas tidak masuk akal, meski dia berpidato dengan background kepulauan Indonesia pada detik ke-21. Terlebih, saat ini Indonesia sedang menjalankan kabijakan PPKM darurat di tengah tingginya angka persebaran Covid-19.

Penelusuran jejak digital menunjukkan bahwa video itu merupakan rekaman lawas. Pernah diunggah kanal YouTube Berita Satu pada 3 Oktober 2013. Saat itu, presiden Indonesia adalah Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Video tersebut diberi judul, Presiden China Sampaikan Visi di Hadapan DPR RI.

Di awal pidato, Xi Jinping juga menyebut nama Susilo Bambang Yudhoyono, bukan Joko Widodo. Artinya, teks terjemahan pidato Jinping yang diunggah akun Facebook Kamar Berita adalah ngawur.

Baca Juga  Sebar Hoax Patung Moai Pulau Paskah sebagai Berhala Makkah

Related posts