Sudah Siapkan Eko-Eko Berikutnya

  • Whatsapp
Sudah Siapkan Eko-Eko Berikutnya

SuratKabar.my.id – Selain bulu tangkis, betapa Indonesia sangat berutang budi kepada angkat besi. Cabang olahraga (cabor) yang sepi perhatian dan tak banyak dilirik sponsor, tapi tiada henti membanggakan negeri di ajang-ajang prestisius.

Read More

Di Olimpiade Tokyo 2020 ini, misalnya, angkat besi sudah menyumbang dua medali. Sehari setelah lifter muda Windy Cantika Aisah merebut perunggu di kelas 49 kilogram putri, kemarin (25/7) giliran lifter senior Eko Yuli Wirawan mempersembahkan perak di kelas 61 kilogram putra.

Itu medali Olimpiade keempat bagi Eko. Masing-masing dua perak dan dua perunggu. Dia pun memecahkan rekor atlet pertama Indonesia yang bisa melakukannya.

Dan, Indonesia bisa menambah medali lagi dari cabor ini karena masih menyisakan Rahmat yang tampil Rabu lusa (28/7) di kelas 73 kilogram putra dan Nurul Akmal di kelas 87 kilogram putri pada Senin pekan depan (2/8).

Dengan raihan tersebut, berarti angkat besi sukses mempertahankan tradisi medali sejak Olimpiade 2000 meski belum ada yang emas. Hanya kalah dari bulu tangkis yang rutin menyumbang emas sejak Olimpiade 1992, kecuali pada Olimpiade 2012.

Jadi, sewajarnya kalau angkat besi menjadi salah satu cabor prioritas pemerintah. Melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga, pemerintah menetapkan 14 cabor unggulan yang menjadi grand design dalam meningkatkan prestasi di tingkat internasional. Terutama pada Olimpiade.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : gil/raf/c19/ttg

Baca Juga  Sukses di Paralimpiade, Pemerintah Bangun Training Camp di 10 Provinsi

Related posts