Shi Yu Qi Disebut Tidak Gentle, Momota: Aku Mengerti Perasaannya

  • Whatsapp
Dibikin Repot Pemain Muda Ranking 205 Dunia, Kento Momota Akui Tegang

SuratKabar.my.id – Pebulu tangkis Tiongkok Shi Yu Qi memutuskan retired alias tidak melanjutkan pertandingannya melawan Kento Momota di semifinal Piala Thomas 2021 saat skor menunjukkan angka 5-20 di gim kedua untuk keunggulan Momota. Keputusan ini dianggap beberapa pecinta bulu tangkis sebagai hal yang tidak fair dan tidak gentle lantaran Yu Qi seolah-olah tidak mau lawannya itu meraih angka 21 dan memenangkan pertandingan secara resmi.

Read More

Dalam sesi wawancara usai laga, Yu Qi mengakui bahwa ia memutuskan retired agar secara teknis ia tidak kalah dari Momota lantaran skor Momota tidak menyentuh angka 21. Selain itu, Yu Qi juga mengatakan bahwa dalam laga tersebut sebetulnya ia sudah sangat kelelahan dan merasakan sakit pada tubuhnya. Di gim pertama, Yu Qi juga gagal memetik kemenangan setelah ia kalah tipis 20-22 dari pemain ranking 1 dunia itu.

Mengomentari hal yang dilakukan Yu Qi tersebut, Momota memberikan jawaban yang bijak.

“Aku mengerti sekali posisi Yu Qi bahwa ia tidak mau mengalah. Jadi ketika ia memutuskan retired di skor tersebut, sebetulnya aku sama sekali tidak masalah,” ujar Momota dalam siaran channel YouTube Badminton Europe, Sabtu (16/10).

Saat ditanya apakah hal yang dilakukan Yu Qi sudah mencederai fair play dalam bulu tangkis, Momota kembali memberikan jawaban dari dua perspektif.

Momota mengatakan, di satu sisi, apa yang dilakukan Yu Qi memang mungkin bukanlah tindakan jantan karena ia ‘melarikan diri’ dari medan tempur sebelum peperangan berakhir.

Baca Juga  Alasan Thavita Masukkan Pesan Empowering di Single 'Kuat'

“Sebagai seorang atlet, menurutku kami tentunya punya kewajiban untuk menjadi seorang gentleman,” kata Momota.

Namun, Momota memberikan pandangan lain dari posisi Yu Qi sebagai seorang atlet yang punya harga diri tinggi.

“Tapi di sisi lain, aku mengerti perasaannya. Aku sangat paham bagaimana akan terlukanya harga diri seorang atlet ketika ia kalah. Ini memang kondisi yang sulit, tapi aku tidak terlalu memusingkannya,” kata Momota.

Dalam laga itu, Momota menang dengan skor 20-22 dan 5-20, sekaligus membalas dua kekalahan beruntunnya dari Yu Qi yang terjadi di Piala Sudirman 2021 dan Piala Sudirman 2019 silam.

Sayang, kemenangannya tidak mampu membawa Jepang ke partai final Piala Thomas 2021 lantaran Jepang kalah 1-3 dari Tiongkok.

Related posts