Rektor ITS Yakini Penggunaan Teknologi di Industri Adalah Hal Pasti

  • Whatsapp
Rektor ITS Yakini Penggunaan Teknologi di Industri Adalah Hal Pasti

SuratKabar.my.id – Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Mochamad Ashari menyampaikan bahwa pemanfaatan teknologi pada sektor industri di masa mendatang merupakan sebuah keniscayaan atau pasti. Bahkan, beberapa sektor industri juga sudah ada yang melakukannya.

Read More

Ia mengatakan bahwa para pelaku industri akan masuk ke ranah digital apabila hal itu membawa dampak efisiensi operasional perusahaan. Pasalnya, hal ini juga akan mengurangi fix cost dari perusahaan yang dikelola.

“Pengusaha melihat kalau masuk secara ekonomi, kenapa tidak. Mau pasang robot yang pintar pun tidak ada masalah, asalkan ada infrastruktur, butuh 5G, listrik dan regulasi membolehkan,” terangnya dalam Bincang Perspektif Trakindo: Masa Depan Pendidikan Teknologi di Indonesia Pasca Pandemi Covid-19 secara daring, Kamis (10/6).

Ashari juga membeberkan bahwa masalah yang kerap dihadapi adalah regulasi itu sendiri. Di mana biasanya di Indonesia, sistem sudah berjalan, namun regulasi masih belum dipersiapkan.

“Teknologi jalan tapi regulasi belum siap dan yang penting adalah SDM, ada ngga yang mengoperasikan, tapi ini suatu kenisayaan yang akan masuk dan sudah masuk,” ujarnya.

Saat ini saja, model industri yang ada di Indonesia adalah berbasis teknologi, seperti Gojek, Tokopedia, Bukalapak hingga Shopee dan konvensional adalah yang berbasis sumber daya atau jasa, layaknya Telkom, Garuda, Pertamina hingga Trakindo.

“Semua perusahaan ini, baik yang baru dan lama, itu semua bergeser ke ekonomi digital, artinya pertemuan antara pembeli dan penjual itu bergeser, bukan di pasar dan mall, tapi ada di e-commerce. Pembayaran sudah tidak pakai cash tapi e-payment, pengiriman juga sudah menggunakan e-logistic. Itu kira-kira kondisi industri di Indonesia,” pungkasnya.

Baca Juga  Polres Tanjung Priok Tangkap Dua Muncikari Yang Tawarkan Gadis Belia

Related posts