Psikiater Ungkap 5 Penyebab Sulit Tidur Selama Pandemi, ini Solusinya

  • Whatsapp
alexametrics

SuratKabar.my.id – Pandemi Covid-19 memberikan perubahan pada berbagai aspek kehidupan manusia. Salah satu perubahan yang perlu diperhatikan adalah perubahan pola tidur yang berakibat pada gangguan tidur.

Read More

Psikiater, Kepala Instalasi Rehabilitasi Psikososial RS.dr.H.Marzoeki Mahdi Bogor dan RS Siloam Bogor dr.Lahargo Kembaren, SpKJ mengatakan beberapa pasiennya berkonsultasi di poliklinik dan mengeluh sulit tidur selama pandemi Covid-19. Menurutnya gangguan tidur berdampak tidak baik bagi kondisi fisik karena dapat menurunkan imunitas tubuh.

Gangguan tidur juga berdampak tidak baik bagi kondisi psikologis karena dapat memicu munculnya stres, cemas dan depresi. Gangguan tidur saat pandemi Covid-19 dapat mengenai siapa saja, anak, remaja, dewasa dan lanjut usia.

“Pasien mengeluh dok saya sulit tidur pada malam hari, saya coba tidur tapi tidak bisa dok, tidur saya tidak tenang, saya sering terbangun saat tidur, mimpi buruk sangat mengganggu saya dok,” katanya kepada SuratKabar.my.id, Kamis (22/7).

Lalu apa penyebab gangguan tidur selama pandemi?

1. Disrupsi kehidupan sehari hari (perubahan rutinitas)

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Baca Juga  Pasien Wisma Atlet Makin Banyak, Kebutuhan Hand Sanitizer Meningkat

Related posts