Perubahan Pendidikan Terintergrasi Dalam Masa Pandemi, Ini Tipsnya

  • Whatsapp
Perubahan Pendidikan Terintergrasi Dalam Masa Pandemi, Ini Tipsnya

SuratKabar.my.id – Kepala Sekolah SMP Regina Pacis Solo, Wahyu Utami mengatakan bahwa pendidikan yang baik harus terintegrasi. Rancangan untuk bagaimana merubah pola pendidikan di sekolahnya pun dilakukan.

Read More

“Ada empat perubahan. Pertama perubahan mindset, persiapan, pelaksanaan dan penilaian,” kata Wahyu dalam siaran YouTube Vox Populi Institute Indonesia dikutip, Senin (19/7).

Para guru dan murid, dalam hal ini harus memiliki pemikiran kritis. Mau berkolaborasi dan saling berkomunikasi membangun kreatifitas.

“Paham pembelajaran itu melatih kompetensi dasar bukan sekedar materi, apalagi hafalan materi,” imbuhnya.

Setelah mindset seperti itu terbentuk, sekolah baru dapat melakukan persiapan dalam menghadapi siswa. Seperti para guru yang berkolaborasi memetakan kompetensi dasar yang bisa dipadukan.

“Kita petakan KD itu lalu kita sosialisasi ke siswa. Jadi anak nanti menentukan dan kita lakukan pendampingan apa yang dipilih siswa terkait KD yang akan dikembangkan,” kata dia.

Untuk pelaksanaannya, para siswa dibekali pra literasi terkait pendalaman materi. Dituangkan dalam bentuk power point, dua hari sebelum siswa melakukan pembelajaran tatap muka.

“Di dalamnya kita titik beratkan pada asesmen kompetensi yang bentuknya nanti proyek anak ini bisa menjadi produk, lalu menjadi uraian panjang melakukan evaluasi dan refleksi. Nah untuk proyek akhir pada tahun ini kita ada video konten seperti podcast, video animasi dan komik,” jelasnya.

Pada tahap penilaian, para guru mengukur pengetahuan anak terkait apa yang akan dikerjakannya. Selanjutnya dapat juga dinilai keterampilannya. “Sementara untuk nilai sikap kita bisa lihat sosial mereka itu, sikap gotong royong dan keaktifannya. Manfaatnya, tercapai merdeka belajar. Kenapa? Mereka bisa memadukan KD dan anak bebas memilih, mencari sumber dan berkarya,” tutup Wahyu.

Baca Juga  Jangan Sepelekan, Ini Pentingnya Menjaga Kondisi Aki Pada Motor

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Saifan Zaking

Related posts