Perlukah Beri Dosis Ketiga Vaksin Covid-19 untuk Masyarakat Umum?

  • Whatsapp
Perlukah Beri Dosis Ketiga Vaksin Covid-19 untuk Masyarakat Umum?

SuratKabar.my.id – Pemerintah Indonesia resmi melaksanakan pemberian vaksin booster dosis ketiga bagi para tenaga kesehatan (nakes), menyusul tingginya lonjakan kasus positif dan mutasi virus Covid-19. Pemberian vaksin dosis ketiga kepada nakes lalu menimbulkan pertanyaan, apakah nantinya masyarakat umum perlu mendapatkan tambahan dosis vaksin lagi.

Read More

Direktur Utama Rumah Sakit Penyakit Infeksi Prof. Dr. Sulianti Saroso, dr. Syahril Mansyur Sp.Paru, mengatakan, saat ini pemberian vaksin dosis ketiga masih diprioritaskan untuk tenaga kesehatan.

“Booster untuk para nakes sudah dimulai dengan menggunakan vaksin Moderna. Nantinya, untuk yang lain, akan dilakukan secara prioritas dan bertahap,” kata dr. Syahril melalui seminar daring, Rabu (21/7).

Sependapat dengan Syahril, Medical Senior Manager PT Kalbe Farma, dr. Esther Kristiningrum mengatakan pemberian booster vaksin diprioritaskan kepada tenaga kesehatan lantaran mereka adalah garda terdepan dalam penanganan Covid-19. Namun, ia berpendapat, tidak menutup kemungkinan masyarakat umum mendapatkan dosis tambahan vaksin.

“Kalau untuk umum, tentunya bisa (dapat) booster. Namun, berapa lama efektivitas vaksin masih dalam penelitian, sehingga kemungkinan setelah beberapa bulan, antibodi vaksin kedua menurun sehingga perlu booster,” kata dr. Esther.

Ketika disinggung mengenai efektivitas vaksin dengan varian atau mutasi baru virus, ia mengatakan semua vaksin masih cenderung efektif, walaupun ada juga kemungkinan efektivitas.

Editor : Dinarsa Kurniawan

Reporter : Antara

Baca Juga  Keluhan Mulut Kering Bisa Jadi Gejala Tertular Mutasi Covid-19 India

Related posts