Penyintas Covid-19 yang Lama Sembuhnya Bisa Keluhkan 200 Gejala Sisa

  • Whatsapp
Penyintas Covid-19 yang Lama Sembuhnya Bisa Keluhkan 200 Gejala Sisa

SuratKabar.my.id – Tak semua pasien Covid-19 saat dinyatakan sembuh lalu bisa beraktivitas seperti sedia kala. Sebab sebagian lainnya masih memiliki gejala sisa yang tak kunjung sembuh. Pasien seperti itu masuk dalam kategori Long Covid. Penelitian baru-baru ini mengungkapkan sisa gejala pasien Long Covid bisa sebanyak 200 gejala.

Read More

Sisa gejala ini umunnya dirasakan berminggu-minggu atau berbulan-bulan setelah pasien sembuh. Sebuah studi baru telah mengidentifikasi 203 gejala Covid-19 panjang yang berbeda di 10 sistem organ yang berbeda dalam tubuh. Penelitian menyoroti betapa luas dan beragamnya penderitaan itu mengganggu berbagai aspek kehidupan sehari-hari.

Para peneliti di balik penelitian ini menyerukan program skrining nasional untuk menangkap lebih banyak kasus Long Covid serta pedoman klinis yang lebih akurat untuk menggambarkan kondisi tersebut. Ahli saraf Athena Akrami dari University College London mengatakan relatif sedikit pasien yang diketahui tentang rentang gejalanya.

“Perkembangannya dari waktu ke waktu, tingkat keparahan, dan perjalanan klinis yang diharapkan (umur panjang), dampaknya pada fungsi sehari-hari, dan diharapkan kembali ke kesehatan dasar,” katanya seperti dilansir dari Science Alert, Rabu (21/7).

Dengan total 3.762 orang yang ditanyai di 56 negara, studi internasional ini adalah yang terbesar dan terlengkap tentang bagaimana seseorang memiliki masalah setelah 2 minggu waktu normal dinyatakan sembuh. Gejala yang paling sering dilaporkan adalah kelelahan, malaise pasca aktivitas (gejala memburuk setelah upaya fisik atau mental), dan disfungsi kognitif atau ‘kabut otak’. Gejala lain termasuk halusinasi visual, tremor, disfungsi seksual, kehilangan memori, dan diare, berbagai macam masalah kesehatan fisik dan kognitif.

Baca Juga  Angka Penularan Covid-19 Naik, PBNU: Patuhi Protokol Kesehatan

Rata-rata, peserta melaporkan masing-masing 55,9 gejala, di 9,1 sistem organ. Dari 3.762 responden dengan Long Covid, 2.454 telah mengalami gejala setidaknya selama enam bulan. Penyintas mengatakan mereka telah mengurangi jam kerja mereka, sementara 22,3 persen tidak bekerja sama sekali pada saat survei.

Editor : Dinarsa Kurniawan

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Related posts