Pentingnya Vaksin Flu Cegah Koinfeksi Covid-19, Dokter Beri Penjelasan

  • Whatsapp
Pentingnya Vaksin Flu Cegah Koinfeksi Covid-19, Dokter Beri Penjelasan

SuratKabar.my.id – Gejala flu dan Covid-19 sekilas memang mirip. Mulai dari pilek, demam, batuk, hingga sakit kepala. Makanya, seseorang saat mengalami flu pada era pandemi, seringkali panik karena khawatir terkena Covid-19. Itulah mengapa tak hanya vaksin Covid-19, dokter juga menyarankan pentingnya vaksin flu.

Read More

Dalam Hari Flu Sedunia, Kementerian Kesehatan, Indonesia Influenza Foundation (IIF), dan Perhimpunan Alergi Imunologi Indonesia (PERALMUNI) bersama Sanofi Pasteur Indonesia mengedukasi masyarakat tentang penyakit flu dan pentingnya vaksinasi flu pada masa pandemi Covid-19. Inisiatif ini penting dilakukan, mengingat masih belum banyak yang memahami bahwa penyakit flu yang umum terjadi pada masyarakat dapat mengakibatkan komplikasi serius, terutama pada kelompok rentan.

Penyakit ganda yang disebabkan dua virus disebut dengan istilah koinfeksi. Vaksin flu diyakini bisa mencegah koinfeksi antara penyakit flu dan Covid-19. Pada masa pandemi Covid-19, terdapat kemungkinan koinfeksi penyakit flu bersamaan dengan infeksi virus Covid-19.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi mengatakan saat ini, kasus Covid-19 sudah menurun seiring meningkatnya cakupan vaksinasi Covid-19. Namun, dia mengingatkan kita tetap harus disiplin menjalankan protokol kesehatan dan melakukan vaksinasi sesuai dengan jadwal dan rekomendasi dokter demi melindungi diri dari penyakit infeksi yang berbahaya seperti influenza.

“Terlebih lagi, vaksinasi flu dinilai penting untuk mencegah timbulnya koinfeksi dengan infeksi virus Covid-19 yang dapat mengakibatkan komplikasi serius. Selain itu, pemberian vaksin flu dan vaksin Covid-19 dapat ditoleransi dengan baik sesuai prosedur vaksinasi,” jelas Nadia secara daring baru-baru ini.

Baca Juga  Vaksin Sinovac Turunkan 6 Kali Lipat Nakes Dirawat akibat Covid-19

Ketua Indonesia Influenza Foundation (IIF), Prof. DR. dr. Cissy B Kartasasmita, SpA(K). mengatakan, sangat penting untuk mengambil langkah pencegahan agar anak tidak terserang penyakit flu, khususnya pada masa pandemi ini, yang memungkinkan terjadinya koinfeksi antara penyakit flu dan Covid-19. Langkah pencegahan salah satunya dapat dilakukan melalui vaksinasi jika anak sudah berusia di atas enam bulan.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Related posts