Pembelajaran di Masa Pandemi Masih Utamakan Kesehatan Warga Pendidikan

  • Whatsapp
Pembelajaran di Masa Pandemi Masih Utamakan Kesehatan Warga Pendidikan

SuratKabar.my.id – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengimbau agar pembelajaran di masa pandemi Covid-19 dilakukan dengan aman dan nyaman. Khususnya di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Covid-19 di Jawa dan Bali serta 15 Kabupaten/Kota lainnya.

Read More

Direktur Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Direktorat Jenderal PAUD, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah (Ditjen PAUD Dikdasmen) Muhammad Hasbi mengatakan, dalam masa ini penyelenggaraan pembelajaran berlangsung secara dinamis.

“Pembelajaran di masa pandemi akan berlangsung secara dinamis menyesuaikan risiko kesehatan dan keselamatan yang ditetapkan oleh pemerintah pusat, yakni PPKM, baik PPKM Mikro maupun PPKM Darurat,” ungkap dia, Minggu (18/7).

Baca Juga: PTM Terbatas, Pemetaan Sekolah Dilakukan, Skenario Terbaru Disiapkan

Prinsip mengutamakan kehati-hatian, kesehatan, dan keselamatan siswa, guru, tenaga kependidikan serta keluarga menjadi prioritas utama dalam menetapkan kebijakan pembelajaran. Kemudian, aspek tumbuh kembang anak dan aspek psikososial anak karena bagaimanapun pandemi memberikan dampak negatif terhadap dua aspek itu.

“Setiap insan satuan pendidikan harus mengedepankan kehati-hatian, kesehatan, dan keselamatan semua insan pendidikan dan keluarganya sama-sama menerapkan protokol kesehatan,” ujarnya.

Dirinya juga mengajak para orang tua dan wali berperan aktif, bekerja sama dengan guru dan sekolah dalam pelaksanaan pembelajaran di masa pandemi. Peran orang tua atau wali peserta didik dapat diefektifkan.

“Seperti melakukan edukasi agar bisa bekerja sama dengan guru di satuan pendidikan dalam menyelenggarakan pembelajaran,” pungkas dia.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Saifan Zaking

Baca Juga  Wapres Minta Skema Antisipasi Klaster Sekolah

Related posts