Pakar Sebut Gejala Covid-19 Varian Delta Mulai Muncul pada Hari Ke-5

  • Whatsapp
alexametrics

SuratKabar.my.id – Seorang ahli kesehatan di Irlandia Utara ikut angkat bicara soal bahaya varian Delta Covid-19 dari India yang menyebar di banyak negara. Gejalanya agak berbeda dengan Covid-19 aslinya saat ditemukan di Wuhan, Tiongkok. Sakit tenggorokan menjadi gejala paling khas varian Delta.

Read More

“Penyebaran varian Delta dari virus Covid-19 sangat mengkhawatirkan,” kata Juru Bicara Kesehatan Irlandia Utara, Sandra Duffy.

“Dokter mengatakan bahwa di samping gejala yang sudah diketahui, mereka yang dites positif untuk varian delta sering mengalami sakit tenggorokan daripada batuk sebagai gejala utama,” tegasnya

Dia meminta siapapun yang mengalami gejala itu untuk segera diuji atau tes PCR. Sehingga akan membantu menghentikan penyebaran varian Covid-19 sehingga dapat menekan rasa kesakitan.

Sandra Derry Journal
Juru Bicara Kesehatan Irlandia Utara, Sandra Duffy. (Derry Journal)

“Selama beberapa bulan di Derry, Irlandia Utara, juga khawatir lonjakan kasus yang kembali terjadi,” katanya.

Sementara kabar baiknya, rawat inap tetap rendah dan peluncuran vaksin terus berlanjut. Namun peningkatan kasus telah memicu kekhawatiran di masyarakat.

Menurutnya rata-rata gejala terkena varian Delta muncul pada hari kelima hingga seminggu setelah seseorang terinfeksi Covid-19. Akan tetapi, bisa juga memakan waktu hingga dua minggu.

“Gejala akan bervariasi dari orang ke orang karena Covid-19 mempengaruhi orang yang berbeda dengan cara yang berbeda,” tuturnya.

Di Irlandia Utara kebanyakan orang yang terinfeksi Covid-19 akan menderita penyakit ringan atau sedang dan sembuh di rumah. Akan tetapi dapat menjadi parah pada orang-orang lanjut usia, dan dapat memerlukan rawat inap dan mengancam jiwa.

Baca Juga  Stop Pencitraan, Saatnya Fokus Tangani Pandemi

Editor : Edy Pramana

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Related posts