Oseltamivir Dicabut dari Standar Pengobatan Korona, Ini Penjelasannya

  • Whatsapp
Oseltamivir Dicabut dari Standar Pengobatan Korona, Ini Penjelasannya

SuratKabar.my.id – Pengobatan pasien Covid-19 selama ini hanya berupa terapi atau suportif. Sebab Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) belum menetapkan obat Covid-19 secara pasti. Salah satu obat yang digunakan selama ini untuk pasien Covid-19 adalah Oseltamivir atau dikenal dengan Tamiflu. Akan tetapi kini Oseltamivir tak lagi menjadi standar pengobatan pasien Covid-19.

Read More

Oseltamivir adalah salah satu antivirus yang juga dipakai untuk mengatasi penyakit flu misalnya flu burung. Obat ini dikenal dengan Tamiflu. Sebelumnya digunakan sebagai obat untuk pasien Covid-19 gejala ringan.

Ahli Spesialis Penyakit Dalam yang juga Ketua Satgas Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Profesor Zubairi Djoerban membahas mengapa saat ini Azitromisin dan Oseltamivir tak lagi jadi standar perawatan pasien Covid-19. Termasuk dampak jangka panjang pemakaian antibiotik secara sembarangan dan kapan seharusnya pasien Covid-19 menggunakan Azitromisin.

“Sebenarnya Oseltamivir adalah obat bagus. Obat antivirus ini digunakan untuk terapi infeksi Influenza dalam tubuh. Bukan untuk Covid-19,” tegasnya dalam kicauannya dan sudah dikonfirmasi SuratKabar.my.id, Senin (19/7)

“Jadi jelas, prinsipnya, Oseltamivir itu bukan obat Covid-19. Sedangkan Azitromisin adalah obat antibiotik yang mengatasi bakteri dan jamur. Kalau Covid-19 kan penyebabnya virus,” tambahnya.

Laporan Bloomberg menyebutkan, tamiflu adalah salah satu obat antivirus yang paling dikenal di dunia dan sangat populer pada 2009 selama pandemi flu babi. Tetapi obat itu tidak disukai karena terjadi resistensi terhadap obat tersebut.

Editor : Dinarsa Kurniawan

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Baca Juga  Dokter Jelaskan Alasan Penghidap Hipertensi Rentan Kena Covid

Related posts