Meski Tenggelam di Ranking 118 Dunia, Eks Timnas Bertekad Bangkit

  • Whatsapp
Meski Tenggelam di Ranking 118 Dunia, Eks Timnas Bertekad Bangkit

Suratkabar.my.id – Ihsan Maulana Mustofa bersiap come back pada Spain Masters 2021 mendatang. Ini akan menjadi turnamen pertama Ihsan sejak 18 bulan terakhir. Ihsan tercatat mengundurkan diri dari pelatnas pada Oktober 2019.

Read More

Setelah keluar dari pelatnas, dia sempat mengikuti Indonesia Masters 2019. Saat itu, Ihsan hanya sempat mencicipi babak pertama. Nah, di Spain Masters 2021, Ihsan tergabung dengan tim PB Djarum bersama empat atlet senior lain.

Pada konferensi virtual PB Djarum kemarin, Ihsan sangat antusias menyambut turnamen yang berlangsung pada 18–23 Mei mendatang itu. Dia juga kangen bertanding setelah lama vakum.

Dari hasil drawing, pada babak pertama, Ihsan langsung bertemu mantan rekan pelatnasnya, Shesar Hiren Rhustavito. Dalam ajang resmi, mereka bertemu tiga kali. Vito unggul dalam dua pertandingan.

’’Sudah pernah menang dan kalah lawan Vito, latihan juga pernah bareng. Sempat chat juga setelah lihat hasil drawing, kok kami langsung ketemu,’’ ungkap Ihsan.

Meski tenggelam ke ranking ke-118 dunia, Ihsan tetap bersemangat bangkit. Dia memiliki target besar dalam Spain Master 2021.

’’Pastinya target ingin juara. Saya tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan yang diberikan oleh PB Djarum. Saya mau memaksimalkan pertandingan. Saya masih yakin bisa mengejar Jojo dan Ginting,’’ imbuhnya.

Selama pandemi ini, hampir tidak ada turnamen nasional yang diselenggarakan. Untuk itu, PB Djarum mengambil inisiatif mengirim atlet-atlet untuk bertanding di luar negeri. Kebetulan, turnamen itu masih ada di Benua Eropa.

Baca Juga  Belajar Daring Buat Stres? Ini Tips Berprestasi Meski Pandemi

Selain Spain Masters 2021, PB Djarum mengirim atletnya ke ajang Austrian Open 2021. Untuk atlet junior, ada 12 orang. Mereka dikirim ke Slovenia International 2021 dan Croatia Valamar Junior Open 2021.

’’Bukan tiba-tiba kami putuskan ke Eropa. Ada pertimbangan matang. Kami siapkan sejak jauh-jauh hari. Menyiapkan mereka ke tingkat elite dunia dan menunjukkan hasil selama latihan,’’ jelas Ketua PB Djarum Yoppy Rosimin.

Ke depan, Yoppy akan melihat hasil yang didapat setelah tur Eropa. Jika tur Eropa itu sukses dari segi prestasi dan kegiatan, bukan tidak mungkin mereka akan meneruskan program tersebut.

’’Kalau memang ada kesempatan lagi, ini momentum yang pas dan kami akan kirim (atlet) lagi. Ini juga berkat dukungan dari para rekan sponsor sehingga kami bisa memberikan pengalaman bertandingan lebih banyak selama pandemi,’’ imbuh Yoppy.

Related posts