Masih Saja Bikin Hoaks Pakai Modus Rekayasa Foto

  • Whatsapp
alexametrics

MODUS pembuatan hoax dengan merekayasa foto masih saja dilakukan produsen kabar palsu. Contohnya, foto Mark Zuckerberg, pencipta situs jejaring sosial Facebook, yang disebar seolah membawa tulisan berbunyi, ”I Stand with Israel”. Foto itu disebar pada saat mencuatnya kabar pengusiran warga Palestina dari permukiman mereka di kawasan Sheikh Jarrah beberapa waktu lalu.

Read More

”Wow ..Mark Zuckerberg mendukung Israel. Ayo Drun, berani demo dan blokir Facebook??,” begitu narasi yang ditulis akun Facebook Raka Abdullah. Komentar itu sepertinya sengaja dilontarkan untuk membuat gaduh netizen di tanah air. Sebab, akhir-akhir ini ada yang sengaja memberi label ”Kadrun” kepada siapa pun yang bersimpati kepada Palestina. Lalu, olok-olok itu dibalas dengan label ”Yahudi pesek” untuk para buzzer di Indonesia yang membela Israel.

Foto yang dibagikan ulang akun Facebook Raka Abdullah itu menunjukkan Mark berdiri di sebuah ruang kerja sambil mengenakan kaus berwarna abu-abu. Dia memegang selembar kertas putih bertulisan dukungan terhadap Israel. Lalu, foto tersebut digabung dengan foto lain Mark yang seperti sedang melakukan presentasi.

hoaks mark 2

Hasil penelusuran dengan menggunakan situs padanan gambar menunjukkan bahwa foto Mark Zuckerberg itu sudah direkayasa. Versi aslinya pernah diunggah TechCrunch, sebuah portal berita yang fokus pada perusahaan-perusahaan teknologi informasi. Foto itu diunggah pada 21 Juli 2010. Menunjukkan Mark sedang membawa selembar kertas dengan tulisan spidol berwana biru berbunyi ”Thanks”.

TechCrunch menyebutkan, pendiri dan CEO Facebook itu baru saja mengumumkan di blog perusahaan hasil dan capaian jejaring sosial miliknya yang mencapai 500 juta pengguna pada 2010. Atas capaian itu, Mark membahas banyak hal di berbagai media massa. Dia berbicara lebih banyak tentang tonggak sejarah yang mengesankan. Misalnya, saat merayakan ulang tahun keenam Facebook, pengguna aktifnya mencapai 400 juta akun. Anda dapat membacanya di bit.ly/FotoAsliMark.

Baca Juga  PPKM Darurat, MPLS di DKI Jakarta Digelar Daring

Related posts