Masa Depan Butuh Hybrid Knowledge dan Hybrid Skill

  • Whatsapp
Masa Depan Butuh Hybrid Knowledge dan Hybrid Skill

SuratKabar.my.id – Perkembangan teknologi yang semakin canggih dan terkini perlu dimanfaatkan oleh para mahasiswa untuk menggali pengetahuan dan keterampilan. Pasalnya, banyak instrumen yang menjadi usang akibat berkembangnya teknologi. Hal itu disampaikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Read More

“Menjadi tidak relevan lagi, yang menjadi usang karena disrupsi, tetapi banyak pengetahuan baru yang bermunculan yang dikembangkan oleh lembaga peneliti dan praktisi yang barangkali belum sempat dibukukan,” jelas dia  dalm webinar Konvensi Kampus XVII dan Temu Tahunan XXIII Forum Rektor Indonesia 2021, Selasa (27/7).

Kemudian juga akan ada banyak jenis pekerjaan yang hilang karena disrupsi. Namun, tentunya juga banyak pula pekerjaan baru yang bermunculan di masa kini dan masa yang akan datang karena disrupsi.

“Yang ingin saya tekankan, jangan sampai pengetahuan dan keterampilan mahasiswa itu justru tidak menyongsong masa depan, pengetahuan dan keterampilan yang hebat di masa ini bisa jadi sudah tidak dibutuhkan lagi dalam 5 tahun atau 10 tahun kedepan,” tuturnya.

Mahasiswa harus disiapkan menguasai pengetahuan dan keterampilan yang relevan untuk zamannya. Perguruan tinggi pun diminta untuk berkolaborasi dengan para praktisi dan pelaku industri, begitu pun sebaliknya.

Ajak industri ikut mendidik para mahasiswa sesuai kurikulum industri, bukan kurikulum dosen agar para mahasiswa memperoleh pengalaman yang berbeda dari pengalaman di dunia akademis semata.

Editor : Dinarsa Kurniawan

Reporter : Saifan Zaking

Baca Juga  Kemendikbud Ristek Terus Upayakan Pelaksanaan Pembukaan Sekolah

Related posts