Luhut Ungkap Jurus Turunkan Angka Kematian akibat Covid-19

  • Whatsapp
Kalau Mau Liburan Ke Bali Harus Patuhi Aturan

SuratKabar.my.id – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan membeberkan alasan naiknya angka kematian akibat Covid-19 yang terjadi dalam beberapa pekan terakhir ini. Khususnya mereka yang komorbid.

Read More

Untuk itu, ia mendorong isolasi terpusat di level desa, kecamatan, kabupaten/kota atau level provinsi untuk dioptimalkan. Hal ini penting untuk mencegah penularan dan menurunkan angka kematian, khususnya orang tua dan orang dengan komorbid.

“Terutama bagi pasien-pasien yang berisiko tinggi atau yang dirumahnya terdapat ibu hamil, orang tua, dan orang dengan komorbid, karena hasil temuan kami kematian yang meningkat pada akhir-akhir ini banyak mengenai orang-orang komorbid dan yang belum divaksin,” ujarnya dalam telekonferensi pers Evaluasi dan Penerapan PPKM, Minggu (25/7) malam.

Selain itu, pemerintah juga terus mengakselerasi upaya vaksinasi Covid-19 untuk masyarakat. Kata Luhut, pelaksanaan vaksinasi akan semakin masif dilakukan mulai Agustus mendatang. “Tingkat vaksinasi juga akan dilakukan secara masif dalam bulan-bulan ini Agustus maupun September dan seterusnya,” tambah dia.

Begitu juga untuk kegiatan testing dan tracing akan semakin ditingkatkan untuk 7 wilayah aglomerasi di Jawa dan Bali. “Kegiatan tracing ini akan dikoordinir oleh TNI bersama Polri dan puskesmas-puskesmas di masing-masing wilayah, untuk testing tetap dilakukan tenaga kesehatan,” tutur dia.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menuturkan, keputusan ini ditempuh setelah melakukan beberapa evaluasi terkait kebijakan pembatasan kegiatan masyarakat. ’’Saya memutuskan untuk melanjutkan penerapan PPKM level 4 dari tanggal 26 Juli sampai dengan 2 Agustus,” kata Jokowi dalam konferensi pers daring, Minggu (25/7). (*)

Baca Juga  Satgas Covid-19 Minta Pemda Ambil Langkah Preventif Cegah Penularan

Editor : Dinarsa Kurniawan

Reporter : Saifan Zaking

Related posts