Latih Motorik Bayi dengan Aneka Bentuk Camilan MPASI, Ini Kata Dokter

  • Whatsapp
alexametrics

SuratKabar.my.id – Stimulasi untuk melatih motorik bayi rupanya bukan hanya lewat gerakan saja. Akan tetapi bisa dilakukan lewat berbagai bentuk makanan camilan bagi bayi. Ketika bayi sudah berusia lebih dari 6 bulan, umumnya mereka sudah mengonsumsi makanan pendamping ASI (MPASI). Bentuk camilan MPASI mereka ternyata bisa melatih motorik bayi.

Read More

Dokter Spesialis Anak dari Brawijaya Women and Children Hospital dr. Attila Dewanti Sp.A(K), memaparkan pentingnya MPASI untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bayi. Bayi saat usia 6 bulan tentunya sudah semakin siap dalam menerima makanan selain dari ASI.

“Hal ini juga dikarenakan saluran cerna Si Kecil yang sudah siap menerima makanan semi padat. MPASI pun terbagi menjadi dua, yaitu makanan utama dan camilan. Makanan utama berperan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan mengajari bayi tekstur dari halus dan lebih kasar, sebelum kemudian dikenalkan dengan makanan keluarga,” katanya dalam keterangan tertulis, Jumat (23/7).

Namun, lanjutnya, di sela-sela makanan utama, bayi juga memerlukan snack atau camilan. Tentunya baik makanan utama dan snacking, perlu diatur waktu dan porsinya oleh orang tua supaya nutrisi harian bayi tidak berlebihan dan tidak kurang juga

Lebih lanjut dr. Attila menjelaskan bahwa bentuk-bentuk camilan yang dikenalkan pada bayi dapat mengasah perkembangan motoriknya. Oleh karena itu, penting sekali bagi Bunda untuk memilihkan camilan yang tepat sesuai dengan perkembangan bayi.

Camilan ada yang berbentuk bulat untuk menstimulasi pertumbuhan gigi bayi. Ketika bayi makan, ada juga camilan yang bentuknya kecil untuk mengajari Si Kecil mencubit barang kecil, dan ada juga camilan yang lebih besar untuk belajar menggenggam dan makan sendiri.

Baca Juga  Ingin Panjang Umur dan Jantung Sehat, Lakukan 7 Ribu Langkah Sehari

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Related posts