KY Targetkan Indeks Integritas Hakim Capai Skor 8

  • Whatsapp
KY Targetkan Indeks Integritas Hakim Capai Skor 8

SuratKabar.my.id – Ketua Komisi Yudisial (KY) Mukti Fajar Nur Dewata mengharapkan dalam kinerja kepemimpinannya dapat meningkatkan indeks integritas hakim mencapai skor 8. Hal ini merupakan rencana strategis KY dalam kurun waktu hingga 2024.

Read More

“Target kami meningkatkan indeks integritas hakim. Ini ada di dalam Renstra Kami, di tahun 2024 indeksnya mencapai skor 8. Jadi sekarang baru 6,69,” kata Mukti Fajar ditemui di kantornya, Salemba, Jakarta Pusat, Kamis (10/6).

Fajar menyampaikan, hal ini dibangun dengan empat tugas yang telah direncanakan, antara lain melalui proses seleksi calon hakim, pengawasan hakim himgga advokasi hakim.

“Ini kan filosofinya jadilah hakim yang baik, KY akan jaga,” ujar Mukti.

Mukti juga menyampaikan, KY tidak bisa bekerja sendiri dalam mengawal integritas hakim. Karena itu perlu kerjasama antara lembaga dan masyarakat yang mengawal dan mengawasi kinerja hakim.

“Berkaitan dengan lembaga hukum, masyarakat, LSM untuk membantu kerja-kerja KY, dimana kami sadar bahwa ada keterbatasan resources yang dimiliki oleh KY,” beber Mukti.

 Baca Juga: Tak Terima Candaan Yasonna Soal AHY, Santoso Demokrat Ngomong Begini

Dia pun mengharapkan, badan penghubung KY yang tersebar di 12 daerah bisa membantu kinerja lembaga yudisial. Sehingga bisa membantu kerja KY dalam menaikan integritas hakim.

“Kantor penghubung ada 12, kemudian jumlah SDM dan selanjutnya, ini kita sangat membutuhkan bantuan dari lembaga-lembaga yang resmi maupun dari masyarakat,” pungkas Mukti.

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : Muhammad Ridwan

Baca Juga  KPK Belum Umumkan Nama 51 Pegawai yang Dipecat

Related posts