Kudus Darurat Covid-19, Obat Ivermectin Diyakini Sembuhkan Pasien

  • Whatsapp
Kudus Darurat Covid-19, Obat Ivermectin Diyakini Sembuhkan Pasien

SuratKabar.my.id – Obat Ivermectin selama ini dikenal sebagai obat antiparasit. Sejumlah penelitian membuktikan obat ini menjadi kandidat kuat untuk menyembuhkan pasien Covid-19.

Read More

Laporan Science Times baru-baru ini menyebutkan, dalam dunia medis, Ivermectin adalah obat antiparasit. Sebuah tim peneliti yang terdiri dari profesional medis yang berbasis di AS mempresentasikan temuan mereka dalam artikel ‘Review of the Emerging Evidence Demonstrating the Efficacy of Ivermectin in the Prophylaxis and Treatment of Covid-19’ muncul di American Journal of Therapeutics.

Dalam makalah mereka, para peneliti menjelaskan bahwa setelah Covid-19 muncul di AS, ada penelitian yang meninjau pengobatan yang berpotensi efektif. Studi baru ini dipimpin oleh Front Line Covid-19 Critical Care (FLCCC), sekelompok ilmuwan dan ahli medis.

Baca Juga: Peneliti Buktikan Ivermectin Jadi Kandidat Kuat Obat Covid-19

Anggota FLCCC meninjau studi peer-review lainnya, meta-analisis dari para ahli di lapangan, dan mempublikasikan data epidemiologi di wilayah yang mengalami distribusi ivermectin. Mereka melaporkan bahwa ivermectin memang profilaksis dan pengobatan yang efektif untuk kasus Covid-19.

Di Indonesia, penggunaan obat itu mulai dilirik oleh Bupati Kudus HM Hartopo dan juga Ketua Umum Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Moeldoko. Mereka telah mendistribusikan Ivermectin, obat yang mengalahkan Covid-19, kepada masyarakat Kudus. Kepeloporan Moeldoko itu dibenarkan Sofia Koswara, Vice President PT Harsen Laboratories.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Baca Juga  Olimpiade Belum Resmi Bergulir, Kasus Covid-19 Tembus 71

Related posts