Kisah Raditya Oloan, dari Bandar Narkoba jadi Pastor

  • Whatsapp
Kisah Raditya Oloan, dari Bandar Narkoba jadi Pastor

Suratkabar.my.id – Raditya Oloan, suami artis Joanna Alexandra mengalami perubahan yang cukup drastis antara kehidupannya dulu dan tahun-tahun belakangan sebelum meninggal. Dulu dia memiliki hidup kelam, sempat jadi bandar judi dan tenggelam dalam pergaulan bebas. Namun akhirnya ia bisa berubah ke arah positif mendekatkan diri ke agama dan Tuhan.

Read More

Icha, adik Raditya Oloan menceritakan di balik perubahan drastis dalam hidup sang kakak. Ia mengatakan, perubahan ke arah positif itu terjadi setelah Joanna Alexandra hamil di luar institusi pernikahan.

“Dia kan dulunya, sebut aja bandar narkoba, dia pergaulan bebas yang menurut orang itu nggak bagus, nggak bagus ya. Tapi memang ada satu titik, waktu itu titik dimana Joanna akhirnya diketahui hamil. Justru, itu titik pertamanya dia,” terang Icha di rumah duka RSPAD Gatot Subroto Jakarta Sabtu (8/5).

“Waktu itu dia datang ke ayah kami, ke papa. Dalam pikirannya dia akan diusir dari rumah, mungkin dicoret dari KK keluarga. Tapi justru malah papa waktu itu bilang, ‘Ya sudah Dit kalau kamu mau menggugurkan, papa yang akan tanggung dosa kamu’. Jadi di situ tuh dia merasa ini ada kasih yang tak bersyarat yang dia dapat dari bapaknya,” imbuhnya.

Sejak saat itu Raditya Oloan mulai berubah ke arah yang lebih baik. Dia pun mulai mendekatkan diri ke agama dan Tuhan. Radit pun memilih untuk bertanggung jawab dengan menikahi Joanna.

“Dan dia mau betul-betul ketemu Tuhan, dia mengubah hidupnya. Dari situ titik baliknya dia. Karena dia menerima pengampunan dan kasih dari bapaknya,” tuturnya.

Baca Juga  Saturasi Beben Jazz Sangat Rendah Semalam, Begini Kondisi Terkininya

Icha menuturkan, keluarga menyambut positif perubahan Raditya Oloan yang sangat drastis. Mereka sangat senang dan bangga kepadanya. Keluarga bahkan memberikan dukungan penuh apapun yang dilakukannya.

“Kami bersyukur dia berubah ke arah positif. Kami sangat support Adit full, jadi Adit punya gerakan apa, pelayanan apa, kami sebagai kakak beradik itu sangat full. Orang tua juga gitu, sangat full dengan segala yang Adit lakukan ya,” katanya.

Andru di tempat yang sama menambahkan, dirinya selaku kakak yang jalan hidupnya lurus-lurus saja sejak kecil sampai sekarang mengakui iri kepada Raditya Oloan. Sebab semasa hidup, Radit sempat membuat lompatan besar yang belum tentu bisa dilakukan oleh banyak orang.

“Ketika lihat perubahan dia, kita merasa kok kita yang baik-baik aja (tidak jadi bandar narkoba dan terjerat pergaulan bebas,red) kita yang diberkati, kita nggak bisa segitu menghargai waktu dan memuji Pencipta kita ya,” katanya.

Kisah kelam masa lalu Raditya Oloan tanpa malu kerap dibawakan dalam acara-acara keagamaan yang dihadirinya selama ini. Dia mengajak anak-anak muda yang pernah merasa hidupnya sudah sangat jelek, tidak berguna, bahkan seperti sampah, untuk tetap bangkit mencari pengharapan kehidupan yang lebih baik dengan mendekatkan diri kepada Tuhan.

Apa yang dilakukan Raditya Oloan memotivasi banyak orang selama ini terbukti membuahkan hasil. Banyak anak muda berada di bawah bimbingannya jadi dekat dengan agama dan Tuhan. Kini mereka merasakan kehilangan atas berpulangnya suami Joanna Alexandra itu ke pangkuan Tuhan.

Raditya Oloan, suami Joanna Alexandra meninggal Kamis (6/5) malam sekitar pukul 18.15 WIB di Rumah Sakit Persahabatan Jakarta. Ia meninggal setelah sempat sembuh melawan Covid-19 yang bersarang di tubuhnya.

Baca Juga  Sedih Usai Keguguran, Kalina -Vicky Tetap Optimistis soal Momongan

Ia mengalami badai sitokin yang menyebabkan kondisi kesehatannya memburuk usai sembuh dari Covid-19. Selain itu, kondisinya semakin parah akibat Raditya Oloan menderita komorbid asma yang diderita sejak kecil. Ia meninggalkan satu istri dan empat orang anak.

Related posts