Kena Diabetes Usai Sembuh dari Covid-19, Penyebabnya Masih Misteri

  • Whatsapp
Kena Diabetes Usai Sembuh dari Covid-19, Penyebabnya Masih Misteri

SuratKabar.my.id – Usai sembuh dari Covid-19, pasien dengan kondisi berat saat sakit, bisa saja mengalami efek atau sisa gejala. Peneliti mencatat, salah satunya adalah diabetes.

Read More

Pada 2020, para ahli kesehatan di New York City, episentrum pandemi di Amerika Serikat memperhatikan bahwa sejumlah besar orang Covid-19 yang dirawat di rumah sakit memiliki kadar gula yang tinggi dalam darah mereka. Suatu kondisi yang juga dikenal sebagai hiperglikemia. Kondisi ini menjadi ciri khas diabetes.

Ahli biologi sel induk, dan rekan-rekannya di Weill Cornell Medicine, Shuibing Chen, merasa sulit untuk mengontrol kadar gula darah beberapa pasien Covid-19. Bahkan mereka yang tidak memiliki riwayat diabetes, menurut laporan National Geographic. Yang lebih mengejutkan, katanya, adalah bahwa beberapa pasien yang tidak menderita diabetes sebelum tertular Covid-19 justru terkena setelah pemulihan dari infeksi Covid-19.

Baca Juga: Hindari Risiko Kena Diabetes Tipe 2 dengan Makan 2 Apel Sehari

Virus Covid-19 diketahui menyerang paru-paru dan menyebabkan gangguan pernapasan akut. Namun, mengapa pasien Covid-19 tiba-tiba mengalami penyakit kronis seperti diabetes masih menjadi misteri.

Sebuah analisis global yang dilakukan pada 2020 dan dipimpin oleh Thirunavukkarasu Sathish, seorang peneliti kesehatan populasi di McMaster University, menemukan, hampir 15 persen pasien dengan infeksi Covid-19 yang parah juga mengembangkan diabetes. Sathish mengatakan angka itu kemungkinan akan meningkat di antara individu yang berisiko tinggi, misalnya, mereka yang memiliki diabetes sebelumnya.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Baca Juga  Picu Stroke, Covid-19 Bukan Penyakit Pernapasan tapi Pembuluh Darah

Related posts