Kena Covid-19, Haruskah Pegawai Tunjukkan Hasil Negatif Usai Isoman?

  • Whatsapp
Kena Covid-19, Haruskah Pegawai Tunjukkan Hasil Negatif Usai Isoman?

SuratKabar.my.id – Setelah pegawai sembuh dari Covid-19, sebagian disarankan untuk menunjukkan hasil negatif swab setelah isolasi mandiri 10-14 hari kepada perusahaan. Padahal sesuai ketetapan, jika seseorang tanpa gejala, semestinya tak perlu lagi menunjukkan hasil swab negatif setelah 14 hari isoman.

Read More

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin menetapkan pedoman pemeriksaan, pelacakan, karantina, dan isolasi melalui Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor Hk.01.07/Menkes/4641/2021 tentang Panduan Pelaksanaan Pemeriksaan, Pelacakan, Karantina, dan Isolasi dalam Rangka Percepatan Pencegahan Dan Pengendalian Covid-19. Dalam Keputusan Menteri Kesehatan tersebut, Pemeriksaan disebutkan sebagai kegiatan yang dilakukan untuk penegakan diagnosis dari kasus COVID-19 melalui uji laboratorium.

Isolasi adalah upaya memisahkan seseorang yang sakit yang membutuhkan perawatan Covid-19 atau seseorang terkonfirmasi Covid-19, dari orang yang sehat yang bertujuan untuk mengurangi risiko penularan. Rata-rata masa inkubasi Covid-19 adalah 5-6 hari walaupun pada sedikit kasus dapat mencapai 14 hari.

Baca Juga: 1.338 Jiwa Meninggal dalam Sehari, Kasus Covid-19 Harian Makin Turun

Seseorang yang tertular dapat menjadi sumber penularan mulai sekitar 2 hari sebelum orang tersebut menunjukkan gejala. Masa inkubasi Covid-19 menjadi dasar pertimbangan strategi pemeriksaan, pelacakan, karantina, dan isolasi. Strategi ini juga dapat dipertajam menggunakan informasi hasil pemeriksaan laboratorium.

Sementara, untuk isolasi dilakukan sejak seseorang suspek mendapatkan perawatan di Rumah Sakit atau seseorang dinyatakan terkonfirmasi Covid-19, paling lama dalam 24 jam sejak kasus terkonfirmasi. Kriteria selesai isolasi dan sembuh pada kasus terkonfirmasi Covid-19 menggunakan gejala sebagai patokan utama antara lain pada kasus terkonfirmasi yang tidak bergejala (asimtomatik), isolasi dilakukan selama sekurang-kurangnya 10 hari sejak pengambilan spesimen diagnosis konfirmasi.

Baca Juga  Protes Vaksinasi Covid-19 Lamban, Rakyat Thailand Turun ke Jalan

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Related posts