Kemenkes Janji Genjot Tes Covid-19 di Daerah PPKM Level 3 dan 4

  • Whatsapp
Kemenkes Janji Genjot Tes Covid-19 di Daerah PPKM Level 3 dan 4

SuratKabar.my.id – Presiden Joko Widodo meminta semua daerah dengan status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 dan 4 atau dengan jumlah kasus yang tinggi untuk meningkatkan tes dan juga pelacakan kontak erat atau tracing. Ia juga meminta agar angka kematian di wilayah dengan angka kematian yang tinggi untuk bisa ditekan.

Read More

Kementerian Kesehatan menginstruksikan kepada Kepala Dinas Kesehatan baik Provinsi maupun Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia agar meningkatkan testing dan tracing di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Kebijakan ini tertuang dalam Surat Edaran Nomor : H.K.02.02/II/1918 /2021 tentang Percepatan Pemeriksaan dan Pelacakan Dalam Masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang ditetapkan pada tanggal 23 Juli 2021. Tujuannya untuk menemukan kasus-kasus di lapangan yang belum terjangkau tes

’’Surat edaran ini dimaksudkan untuk percepatan penanggulangan pandemi pada masa PPKM melalui penguatan pilar deteksi dengan pelaksanaan peningkatan jumlah pemeriksaan dan pelacakan kontak,” kata Plt Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Maxi Rein Rondonuwu dalam keterangan tertulis, Senin (26/7).

Pihaknya menjelaskan langkah ini merupakan bagian dari percepatan penemuan kasus terkonfirmasi maupun kontak erat kasus positif Covid-19, sehingga bisa dilakukan penanganan sedini mungkin dengan harapan dapat menekan terjadinya kasus perburukan maupun kematian. Penguatan testing dan tracing ini, akan diutamakan bagi wilayah-wilayah dengan mobilitas masyarakat dan tingkat

“Sehingga dengan mengetahui kasus lebih cepat, maka bisa segera dilakukan tindakan-tindakan untuk mengurangi laju penularan virus,” tuturnya.

Editor : Dinarsa Kurniawan

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Baca Juga  Mimi, Kisah Ibu Pengganti: Kombinasi Drama, Komedi, dan Emosi

Related posts