Kabar Aneh Medan Elektromagnetik dari Orang yang Divaksin Covid-19

  • Whatsapp
alexametrics

KABAR aneh yang satu ini menyebut adanya medan elektromagnetik di sekitar kepala orang yang baru saja divaksin Covid-19. Kabar itu dilengkapi video alat electromagnetic field sensor yang menyala saat didekatkan ke kepala seorang perempuan.

Read More

”Ada sesuatu yg ga beres dalam pakcin Di test pake alat EMF ada semacam radiasi elektomagnet di dalam tubuh orang yg sudah di pakcin,” tulis akun Facebook James Bowie pada 5 Juli 2021 (bit.do/AdaRadiasi). Sayangnya, tidak ada sumber informasi yang jelas dalam unggahan itu.

Mengutip situs resmi organisasi kesehatan dunia WHO, medan elektromagnetik ada yang memiliki paparan sangat tinggi dan berbahaya. Tapi, ada juga paparan medan elektromagnetik dengan tingkat rendah dan umumnya tidak dianggap berbahaya.

”Setiap orang terpapar pada kompleks campuran medan listrik dan magnet yang lemah, baik di rumah maupun di tempat kerja, dari pembangkitan dan transmisi listrik, peralatan rumah tangga, peralatan industri, hingga telekomunikasi dan penyiaran,” begitu keterangan dari situs WHO.

Portal berita Reuters juga mengulas isu medan elektromagnetik yang muncul setelah vaksinasi Covid-19. Menurut Reuters, tes pembacaan medan elektromagnetik itu jelas tidak membuktikan kalau vaksin Covid-19 memancarkan radiasi.

Matthew Laurens, associate professor dan peneliti vaksin di Fakultas Kedokteran Universitas Maryland, mengatakan, ada orang-orang yang terpapar medan listrik dan magnet kecil setiap hari. Itu tidak akan memengaruhi kesehatan seseorang. ”Tidak ada bukti bahwa paparan tingkat rendah merugikan dan memengaruhi kesehatan seseorang,” katanya.

Baca Juga  Salah Foto Evakuasi Warga Afghanistan

Related posts