Jika Tren Kasus Covid-19 Naik Lagi, Penting Vaksinasi Dosis ke-3

  • Whatsapp
Jika Tren Kasus Covid-19 Naik Lagi, Penting Vaksinasi Dosis ke-3

SuratKabar.my.id – Para ahli di Singapura menyerukan perlunya suntikan booster Covid-19 tahunan atau penguat kekebalan. Jika memang perlu, lalu kapan sebaiknya dilakukan?

Read More

Perdana Menteri Singapura, Lee Hsien Loong, dalam sebuah pidato di televisi minggu lalu, mengisyaratkan bahwa suntikan pendorong mungkin diperlukan. Tetapi masih belum ada pertanyaan tentang kapan tepatnya suntikan tersebut mungkin diperlukan, karena durasi kekebalan yang dihasilkan oleh vaksinasi belum jelas.

“Suntikan booster diperlukan tidak hanya jika efek perlindungan vaksin berkurang, tetapi juga jika varian virus Korona baru menjadi semakin resisten terhadap vaksin yang ada,” kata Dekan Saw Swee Hock School of Public Health di National University of Singapura (NUS), Profesor Teo Yik Ying.

Baca juga: Takut Covid-19 Menular Via Udara, Warga Singapura Borong Air Purifier

“Untuk yang terakhir, ini bukan suntikan booster saja, karena itu sebenarnya akan menjadi vaksin yang diperbarui sangat mirip dengan suntikan flu tahunan yang sudah kita miliki sekarang,” jelasnya seperti dilansir Straits Times.

Prof Teo percaya bahwa gambaran yang lebih jelas akan muncul pada paruh kedua tahun ini, meski dia mengatakan akan selalu sulit untuk memprediksi dampak dari varian baru. Penelitian tentang umur panjang dari efek perlindungan vaksin sedang berlangsung.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Baca Juga  Berkas Laporan Sengketa Hasil TWK Lengkap, KIP Segera Gelar Sidang

Related posts