Ihsan Maulana: Saya Masih Sangat Yakin Bisa Kejar Jonatan dan Ginting

  • Whatsapp
Ihsan Maulana: Saya Masih Sangat Yakin Bisa Kejar Jonatan dan Ginting

Suratkabar.my.id-Ihsan Maulana Mustofa keluar dari pelatnas PP PBSI pada Oktober 2019. Selepas mundur dari Cipayung, Ihsan kembali ke klub asalnya, PB Djarum.

Read More

Ihsan saat ini masih berada di posisi 118 dunia. Pasca dari pelatnas, Ihsan hanya sempat bermain di satu turnamen yakni Indonesia Masters 2019 di Malang. Pada ajang itu, Ihsan langsung tumbang pada babak pertama.

Setelah itu, sepanjang 2020, Ihsan tidak pernah bertanding di level internasional. Salah satu sebab terbesarnya adalah karena pandemi global Covid-19.

Setelah setahun lebih absen, Ihsan akan kembali ke ajang internasional pada 2021. Dia akan turun pada Spain Masters 2021. Yang unik, pada turnamen Super 300 itu, Ihsan akan berhadapan dengan pemain pelatnas Indonesia yang juga tunggal putra PB Djarum, Shesar Hiren Rhustavito.

Dalam konferensi virtual yang diadakan PB Djarum hari ini (6/5), Ihsan mengatakan bahwa dia bertekad untuk mengalahkan Vito. “Sudah sering ketemu, pastinya sih mau menang. Sempat chat juga di Instagram, ketawa-ketawa saja, kok bisa langsung ketemu. Tetapi, saya berusaha yang terbaik,” ucap Ihsan.

Ihsan mengungkapkan bahwa dia sudah kangen untuk bertanding ke level internasional. Ihsan sendiri bisa dikatakan rekan satu angkatan Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting.

Saat ini, Jonatan dan Anthony sudah menjadi andalan terpenting Indonesia dan berada di peringkat tujuh dan lima dunia. Sedangkan Ihsan terbenam di ranking 100-an dunia. Namun, hal itu tidak mengendurkan semangat Ihsan untuk bangkit.

“Saya tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan dari Djarum yang sudah mengirim saya ke ajang internasional. Terima kasih kepada pelatih, kepada Oom Yoppy (Rosimin, Program Director Bakti Olahraga Djarum Foundation). Dan saya masih sangat yakin bisa mengejar Jonatan dan Ginting,” tegas Ihsan.

Baca Juga  Tampil di Bawah Standar, Unggulan 2 dari Indonesia Gagal ke Semifinal

PB Djarum sendiri berencana mengirimkan atletnya ke lima turnamen Eropa yang akan dihelat mulai pertengahan Mei hingga Juni mendatang. Pada ketegori dewasa, atlet PB Djarum akan bertanding ke Spain Masters 2021 dan Austrian Open 2021 (International Series).

Sedangkan tiga kejuaraan lainnya adalah kategori junior yakni Slovenia International 2021, Hungarian International Junior Championships, dan Croatia Valamar Junior Open. Tetapi, belakangan, penyelenggaraan Hungarian International Junior Championships ditunda.

“Kita sudah menyiapkan ini tiga bulan lalu, maju terus. Sebab ada impact yang luar biasa dari pengiriman atlet ini. Jadi kami putuskan jalan terus. Kita akan terus kirim, mudah-mudahan hasilnya tidak mengecewakan,” kata Yoppy.

Impact pengiriman ini besar sekali bagi atlet yang belum berangkat. Mereka bisa berpikir, ‘Kira-kira kapan kita bisa ke Eropa’. Itu yang membuat kami punya semangat. Bagi yang berangkat, impactnya bisa membuat motivasi atlet di Kudus dan Jakarta makin terbakar,” kata Yoppy lagi.

“Saya bilang ke anak-anak, kami sudah menyediakan anak tangga. Kalau tidak bisa manfaatkan, kalian akan menyesal seumur hidup. Kalau berhasil, kalian akan dilihat orang bahwa kalian masih bisa menembus level elite dunia,” tambah Yoppy.

Related posts