Eks Dirut PTDI Budi Santoso Dijebloskan ke Lapas Sukamiskin 4 Tahun

  • Whatsapp
Eks Dirut PTDI Budi Santoso Dijebloskan ke Lapas Sukamiskin 4 Tahun

SuratKabar.my.id – Mantan Direktur Utama PT. Dirgantara Indonesia (PTDI) Budi Santoso dijebloskan ke Lambaga Pemasyarakatan Kelas I Sukamiskin, Bandung Jawa Barat. Budi Santoso akan menjalani pidana selama 4 tahun penjara.

Read More

“Hari ini (24/6/2021) Tim Jaksa Eksekusi telah melaksanakan Putusan Pengadilan Tipikor pada PN Bandung Nomor : 60/Pid.Sus-TPK/2020/PN. Bdg tanggal 21 April 2021 dengan Terpidana Budi Santoso dengan cara memasukkan ke Lambaga Pemasyarakatan Klas I Sukamiskin untuk menjalani pidana penjara selama 4 tahun dikurangi selama berada dalam tahanan,” kata pelaksana tugas (Plt) juru bicara KPK, Ali Fikri dalam keterangannya, Kamis (24/6).

Budi Santoso juga dihukum untuk membayar uang denda senilai Rp 400 juta, dengan ketentuan apabila denda tersebut tidak dibayar diganti dengan pidana kurungan selama tiga bulan.

Selain itu adanya kewajiban untuk membayar uang pengganti sebesar Rp 2.009.722.500 dengan ketentuan apabila tidak membayar dalam waktu satu bulan setelah putusan berkekuatan hukum tetap, maka harta bendanya dapat disita oleh Jaksa dan dilelang untuk menutupi uang pengganti tersebut.

“Serta dalam hal tidak mempunyai harta benda yang mencukupi untuk membayar uang pengganti, maka dipidana penjara selama 1 tahun dan 6 bulan,” pungkas Ali.

Dalam perkaranya, Budi Santoao terbukti melakukan korupsi untuk memperkaya diri sendiri dari kontrak perjanjian secara fiktif dengan mitra penjualan guna memasarkan produk dan jasa. Dalam kontrak perjanjian fiktif itu terdapat nama instansi yakni Badan SAR Nasional (Basarnas), Kementerian Pertahanan, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Kepolisian Udara, Pusat Penerbangan Angkatan Darat (Puspenerbad), Pusat Penerbangan Angkatan Laut (Puspenerbal), dan Sekretariat Negara.

Baca Juga  Seluruh Member Jadi Center di Ulang Tahun ke-9 Teater JKT48

Editor : Dinarsa Kurniawan

Reporter : Muhammad Ridwan

Related posts