Cerita Dokter Sembuhkan Pasien Covid-19 dengan Ivermectin dalam 5 Hari

  • Whatsapp
Kudus Darurat Covid-19, Obat Ivermectin Diyakini Sembuhkan Pasien

SuratKabar.my.id – Obat antiparasit Ivermectin sempat menjadi pro kontra di kalangan dunia medis ketika obat ini dijadikan sebagai salah satu obat terapi Covid-19. Obat tersebut sebelumnya dikenal untuk mengobati penyakit cacingan dan sudah diakui Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Namun dalam rangka pengobatan pasien Covid-19, semuanya masih dalam tahap pengujian ilmiah atau medis.

Read More

Memperingati hari World Ivermectin Day atau Hari Ivermectin Sedunia yang jatuh pada 24 Juli 2021, masyarakat diingatkan akan peranan Ivermectin dalam membantu proses penyembuhan pasien Covid-19 serta memberantas pandemi yang berkepanjangan di dunia. Dalam webinar Global Partner of the FLCCC Alliance di Indonesia para dokter menceritakan mengenai proses penanganan pasien Covid-19 dengan obat Ivermectin yang dilakukan di rumah sakit, rawat jalan hingga isolasi mandiri.

“Ivermectin memiliki sejarah 40 tahun tingkat keamanan yang sangat tinggi dan memiliki efek samping kecil dan jarang. Ivermectin telah dinyatakan oleh World Health Organization (WHO) sebagai obat esensial dan merupakan salah satu obat teraman untuk dikonsumsi,” kata President, Chief Medical Officer Front Line Covid-19 Critical Care Alliance, dr. Pierre Kory, MPA, MD dalam webinar, Senin (26/7).

Baca Juga: BPOM Resmi Izinkan 8 Obat Terapi Pasien Covid-19, Termasuk Ivermectin

Dokter-dokter di seluruh dunia terus berjuang mencari pengobatan terbaik sebagai solusi dalam penyembuhan pasien Covid-19. Ivermectin di Indonesia kini masih dalam proses uji klinis untuk memastikan efektivitas dalam penyembuhan Covid-19.

Ahli Spesialis Penyakit Dalam dr. Hardianti, SpPD, KPTI menceritakan pengalaman memberikan Ivermectin kepada pasien Covid-19 yang ditangani pada Februari 2021 lalu. Pasien berjenis kelamin laki-laki, berusia 52 tahun dengan komorbid diabetes Melitus, penyakit jantung, dan obesitas tipe tiga, berat badan 140 kilogram, serta sudah menggunakan ventilator. Setelah diberikan Ivermectin selama lima hari, kondisi pasien berangsur membaik.

Baca Juga  Penyintas Covid-19 yang Lama Sembuhnya Bisa Keluhkan 200 Gejala Sisa

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Related posts