ASN Berpeluang Peroleh Beasiswa S2 ke Jepang Lewat YLP MEXT

  • Whatsapp
ASN Berpeluang Peroleh Beasiswa S2 ke Jepang Lewat YLP MEXT

SuratKabar.my.id – Pemerintah Jepang melalui Ministry of Education, Cullture, Sports, Science, and Technology (MEXT) memberikan program beasiswa bagi aparatur sipil negara (ASN) di seluruh Indonesia. Dengan nama Young Leaders Programme (YLP) MEXT, program beasiswa ini bertujuan untuk menghasilkan pemimpin masa depan di Asia dan negara lainnya.

Read More

Program YLP MEXT pun berkontribusi untuk membangun hubungan kerja sama yang baik antar berbagai negara, termasuk Indonesia. Melalui program ini juga diharapkan dapat meningkatkan aktivitas perencanaan kebijakan dengan membentuk jaringan di antara pemimpin nasional antar negara melalui pemahaman yang mereka dapatkan selama menempuh studi.

Atase Pendidikan dan Kebudayaan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Tokyo (Atdikbud KBRI Tokyo), Jepang, Yusli Wardiatno menyampaikan, program YLP MEXT ini terbuka bagi ASN pusat maupun daerah. “KBRI Tokyo akan berupaya agar program beasiswa YLP semakin dikenal sehingga diharapkan akan lebih banyak lagi ASN yang mendaftar dan lolos seleksi di masa mendatang,” ungkap dia dalam keterangannya yang dikutip, Minggu (13/6).

Beberapa ASN yang telah meraih program beasiswa ini, kata dia, di antaranya Lady Margaretha F. Sirait dari Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta yang bersekolah di Healthcare Administration di Graduate School of Medicine, Nagoya University, Syubatul Minnah dari Kementerian Sekretariat Negara yang bersekolah di School of Government (SOG) di National Graduate Institute for Policy Studies (GRIPS), dan lainnya.

Dalam program beasiswa YLP ini, semua proses pembelajaran dilakukan dengan bahasa pengantar yakni Bahasa Inggris, sehingga satu dari beberapa persyaratan memperoleh beasiswa ini adalah mempunyai sertifikat kemampuan Bahasa Inggris dengan skor TOEFL ITP minimal 550 atau TOEFL IBT minimal 80 atau IELTS minimal 6,0, khusus untuk program studi Administrasi Bisnis skor IELTS minimal 7,0.

Baca Juga  Proses Adaptasi, Pemain Jepang Persebaya Masih Lambat dan Takut Duel

Persyaratan lainnya yang dibutuhkan untuk mendaftar program beasiswa ini antara lain:

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Saifan Zaking

Related posts