3 Syarat Penting Agar Tumbuh Kembang Anak Sehat dan Ceria

  • Whatsapp
3 Syarat Penting Agar Tumbuh Kembang Anak Sehat dan Ceria

SuratKabar.my.id – Untuk mendukung tumbuh kembang anak sehat selama masa pertumbuhannya, tak hanya nutrisi saja yang dibutuhkan. Akan tetapi, ada hal lain yang harus diberikan untuk anak. Apalagi bagi anak yang masih usia balita karena stimulasi dan lingkungan menjadi kunci.

Read More

Dalam rangka menyambut Hari Anak Nasional 2021 serta melaksanakan arahan Presiden dalam peningkatan peran Bunda dan keluarga dalam pendidikan anak, Nestlé DANCOW Nutritods bekerja sama dengan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia (Kementerian PPPA) dalam menyusun Buku Saku #BundaBangga
Kampanye ini ditujukan untuk mendukung orang tua dalam memberikan apresiasi atas usaha dan pencapaian Si Buah Hati.

“Kami percaya bahwa kerja sama dengan Kementerian KPPA dalam peluncuran Buku Saku #BundaBangga guna membantu para orang tua untuk dapat memantau optimalisasi 5 dimensi tumbuh kembang dan memberikan inspirasi nutrisi, stimulasi dan pola asuh,” kata VP Category Marketing Manager Nestlé Pritha dalam webinar baru-baru ini.

Asisten Deputi Pemenuhan Hak Anak atas Pengasuhan dan Lingkungan Kementerian PPPA Rohika Kurniadi Sari mengatakan menyambut Hari Anak Nasional 2021, Kementerian PPPA mengusung tema Anak Terlindungi, Indonesia Maju. Melalui tema ini Kementerian PPPA senantiasa berkomitmen dalam perlindungan dan pemenuhan hak anak.

“Kami percaya bahwa apresiasi orang tua memiliki peranan penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan anak di rumah sedari dini,” katanya.

Setidaknya ada 3 syarat yang bisa mendukung tumbuh kembang anak, antara lain:

1. Nutrisi
Konsultan Tumbuh Kembang Anak, Prof. Dr. dr. Soedjatmiko, Sp. A(K), M.Si mengatakan nutrisi pada bayi, nutrisi utamanya adalah Air Susu Ibu (ASI). Setelah cukup usia, nutrisi bayi bisa dipenuhi dengan Makanan Pendamping ASI (MPASI). Nutrisi ini dapat membantuk struktur otak, dan organ lain dari anak yang penting untuk tumbuh kembangnya. Anak yang kekurangan nutrisi, terutama protein, akan menjadi stunting.

Baca Juga  Agar Tak Tertular Covid-19, Pakai Masker Medis dan Ganti Tiap 6 Jam

2. Stimulasi
Usia anak harus banyak bermain. Bermain bisa menjadi salah satu sarana stimulasi untuk memperbaiki motoriknya. Stimulasi bisa dilakukan di rumah misalnya saat anak belajar berjalan atau bicara. Stimulasi lanjutan juga dapat diberikan terutama pada anak usia di atas 1,5 tahun.

3. Pola Asuh
Pola asuh dan lingkungan yang baik juga bisa menjadi indikator anak tumbuh dengan ceria. Anak tentu ditentukan dengan sistem pola asuh orang tuanya.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Related posts